ok2

Ditulis oleh Admin on . Dilihat: 136

Pengajuan Keberatan

Pemohon informasi juga memiliki hak untuk mengajukan keberatan atas pelayanan informasi, berikut tata cara mengajukan keberatan atas pelayanan informasi.

A. Syarat dan Prosedur Keberatan

1. Pemohon berhak mengajukan keberatan dalam  hal ditemukannya alasan sebagai berikut:

a. Adanya penolakan atas permohonan informasi.

b. Tidak disediakannya informasi  yang wajib diumumkan  secara berkala.

c. Tidak ditanggapinya permohonan informasi.

d. Permohonan ditanggapi tidak sebagaimana yang diminta.

e. Tidak dipenuhinya permohonan informasi.

f. Pengenaan biaya yang tidak wajar dan/atau

g. Penyampaian informasi melebihi waktu yang diatur dalam Pedoman ini.

2. Keberatan ditujukan kepada Atasan PPID melalui Petugas Informasi oleh Pemohon atau kuasanya.

B. Registrasi

    1. Petugas informasi wajib memberikan formulir keberatan kepada pemohon untuk diisi dan
        membantu pengisiannya jika diperlukan.
    2. Petugas  Informasi  langsung memberikan salinan  formulir  keberatan  sebagai tanda terima
        pengajuan keberatan.
    3.
Petugas Informasi wajib mencatat pengajuan keberatan dalam register Keberatan dan
        meneruskannya kepada   atasan PPID dengan tembusan   kepada  PPID dalam waktu selambat-
        lambatnya 2 (dua) hari kerja sejak permohonan diajukan.

C. Tanggapan Atas Keberatan

    1. Atasan PPID wajib memberikan tanggapan dalam bentuk keputusan tertulis yang  disampaikan
       kepada Petugas PPID dengan tembusan kepada PPID selambat-lambatnya dalam  waktu 20  (dua
       puluh) hari sejak dicatatnya pengajuan keberatan tersebut
       dalam register keberatan.
   2.
Keputusan tertulis sebagaimana dimaksud sekurang-kurangnya memuat: Tanggal pembuatan
       surat tanggapan atas keberatan.
         a. Nomor surat tanggapan atas keberatan.
         b.
Tanggapan/jawaban tertulis atasan PPID atas keberatan yang diajukan yang berisi salah
             satu atau beberapa hal sebagai
             berikut:
            
- Mendukung sikap atau putusan PPID disertai alasan dan pertimbangan yang jelas.
             - Membatalkan  putusan PPID dan/atau  memerintahkan  PPID untuk memberikan
               sebagian  atau  seluruh   informasi yang   diminta   kepada Pemohon dalam  jangka
               waktu  tertentu selambat-lambat  14 (empat belas) hari kerja.
            
- Memerintahkan PPID untuk menjalankan kewajibannya dalam memberikan   pelayanan 
               informasi   sesuai   dengan Undang-undang   dan peraturan yang berlaku dalam jangka
               waktu tertentu selambat-lambat 14 (empat belas) hari kerja.
             -
Menetapkan biaya yang wajar  yang dapat  dikenakan   kepada  pemohon informasi.

   3. Petugas  Informasi menyampaikan atau mengirimkan  keputusan  Atasan   PPID kepada
       Pemohon atau kuasanya selambat-lambatnya dalam waktu 2 (dua) hari kerja  sejak
       menerima  tanggapan dari Atasan PPID dan ditembuskan ke PPID serta Biro Hukum
       dan Hubungan Masyarakat Mahkamah Agung.

   4.Pemohon  yang mengajukan keberatan yang tidak puas dengan keputusan atasan PPID
      berhak mengajukan permohonan penyelesaian sengketa Informasi kepada Komisi Informasi
      selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kerja sejak diterimanya
      keputusan atasan PPID.

Motto

MOTO PAGDT edit