ok2

Ditulis oleh Admin on . Dilihat: 36

Sosialisasi E-Court Administrasi Perkara dan Persidangan

di Pengadilan secara Elektronik (Perma No. 1/2019)

dan Pemberian Penghargaan kepada Firma Hukum Kontributor E-Court

untuk Para Advokad Sewilayah Pengadilan Agama Gedong Tataan



IMG 20190928 WA0032

 

Gedong Tataan || 30 September 2019

        Wakil Ketua Pengadilan Agama Gedong Tataan, Bapak Dadi Aryandi, S.Ag. sebagai pengisi materi pada acara Sosialisasi E-Court Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan secara Elektronik (Perma No. 1/2019) dan memberikan Penghargaan kepada Firma Hukum Kontributor E-Court untuk Para Advokad yang diadakan pada hari Jumat tanggal 27 September 2019 bertempat di Aula Sidang Pengadilan Agama Gedong Tataan. Acara tersebut dimulai pada pukul 14.00 dengan dihadiri oleh Para Advokad Sewilayah Pengadilan Agama Gedong Tataan. 

IMG 20190928 WA0044

         Dalam penjelasan materi yang disampaikan, sosialisasi tersebut merupakan salah satu bentuk timbal balik dari Pengadilan Agama Gedong Tataan kepada Advokad sebagai mitra atau pengguna terdaftar dengan tujuan saat E-Court berkembang menjadi E-Litigasi, maka akan ada tambahan pengguna terdaftar yaitu masyarakat umum yang diharapkan juga sudah siap dalam penerapan E-Litigasi. Penerapan E-Court dalam Administrasi dan Persidangan juga dimaksud untuk mempersiapkan diri karena pada 2 Januari 2020 Mahkamah Agung akan memberlakukan E-Litigasi secara menyeluruh dan konsisten. Jawaban, replik, duplik, jawaban rekonfensi, dan lain-lain akan dilakukan secara elektronik dan setiap dokumen atau jawaban yang dikirim melalui email tersebut lebih dahulu akan diverifikasi oleh Majelis Hakim.

IMG 20190928 WA0035   IMG 20190928 WA0033


            Setelah penyampaian materi acara dilanjutkan dengan melaksanakan diskusi oleh peserta dan pemberi materi. Adapun pertanyaan yang muncul diantaranya tentang apakah ada syarat tertentu untuk gugatan sederhana yang disampaikan oleh Ibu Nitaria Angkasa dari LBH Samudra Pasai, dan satu tanggapan dari AHM dan Partner yang diwakili oleh Ibu Ratna Pertiwi yang menyatakan bahwa mengapa alasan gugatan perceraian untuk diperjelas adalah tugas dari Kuasa Hukum Penggugat/Pemohon yang akan dilaksanakan dalam persidangan. Lebih lanjut Bapak Dadi memberikan jawaban yaitu untuk masalah syarat gugatan sederhana berlaku khusus untuk perkara Ekonomi Syari'ah dibawah Rp. 500.000.000,-  dan terhadap alasan gugagatan perceraian mengapa harus diperjelas adalah untuk memudahkan Majelis Hakim mendefinisikan dan memperjelas kasus yang akan ditangani dengan maksud agar pada saat sidang dilaksanakan proses persidangannya menjadi lebih lancar dan terarah sehingga proses menuju pengambilan keputusan lebih tepat sasaran dan tepat waktu.

IMG 20190930 WA0020

        Acara sosialisasi diakhiri dengan penyerahan penghargaaan secara simbolis berupa piagam kepada Firma Hukum Kontributor E-Court terbanyak di Pengadilan Agama Gedong Tataan yaitu kepada LBH Ahmad Haris Muizzuddin, S.H. dan Partner.

Add comment


Security code
Refresh